MODEL PEMBELAJARAN INSTRUCTION, DOING, DAN EVALUATING (MPIDE) DENGAN MODUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Abstract
Penelitian yang dilakukan berkaitan dengan pengkajian penggunaan model
pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan adalah Model Pembelajaran
Instruction, Doing, dan Evaluating (MPIDE). Model ini menuntut siswa untuk lebih
aktif dalam kelas. Penggunaan model ini akan digabungkan dengan penggunaan
modul sebagai sumber belajar, sehingga dapat menjadi salah satu alternatif
pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan
pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Instruction, Doing, dan Evaluating
(MPIDE) dengan modul sebagai sumber belajar yang efektif, 2) mendeskripsikan
aktivitas siswa selama menggunakan Model Pembelajaran Instruction, Doing, dan
Evaluating (MPIDE) dengan modul sebagai sumber belajar, 3) mendeskripsikan hasil
belajar siswa selama menggunakan Model Pembelajaran Instruction, Doing, dan
Evaluating (MPIDE) dengan modul sebagai sumber belajar, dan 4) mendeskripsikan
retensi siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Instruction, Doing, dan
Evaluating (MPIDE) dengan modul sebagai sumber belajar