dc.description.abstract | Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap Buku Matematika kelas IX
Kurikulum 2013 terbitan tahun 2015 berdasarkan materi matematika menurut
Kriteria Bell dan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui kesesuaian buku dengan materi matematika menurut Kriteria Bell dan
pendekatan saintifik. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif.
Penelitian deskriptif (descriptive research) adalah penelitian yang dilakukan
untuk menggambarkan atau menjelaskan secara sistematis, faktual dan akurat
mengenai fakta dan sifat populasi tertentu. Materi yang dianalisis adalah
keseluruhan materi yang terdapat di dalam buku siswa matematika tersebut.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode
analisis dokumen. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan
menggunakan centang untuk menganalisis berdasarkan materi matematika
menurut Kriteria Bell dan penskoran untuk menganalisis data berdasarkan
kesesuaiannya dengan pendekatan saintifik. Setelah itu masing-masing data akan
direpresentasikan dengan persentase untuk masing-masing kesesuaian pada setiap
babnya.
Dari hasil analisis buku berdasarkan materi matematika menurut Kriteria
Bell diperoleh kesimpulan bahwa materi pada Bab I yaitu perpangkatan dan
bentuk akar persetase kesesuaiannya adalah 83%, untuk Bab II pola, barisan dan
deret bilangan 83%, untuk Bab III perbandingan bertingkat 79%, untuk Bab IV
kekongruenan dan kesebangunan 79%, untuk Bab V bangun ruang sisi lengkung
83%, dan untuk Bab VI yaitu statistika persentase kesesuaiannya adalah 83%.
Sedangkan hasil analisis buku berdasarkan pendekatan saintifik diperoleh
kesimpulan bahwa materi Bab I yaitu perpangkatan dan bentuk akar persetase
kesesuaiannya adalah 68%, untuk Bab II pola, barisan dan deret bilangan 96,7%,
untuk Bab III perbandingan bertingkat 50%, untuk Bab IV kekongruenan dan
kesebangunan 47,5%, untuk Bab V bangun ruang sisi lengkung 26,7%, dan untuk
Bab VI yaitu statistika persentase kesesuaiannya adalah 60%. | en_US |