PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO PERHIASAN EMAS SRI REJEKI BONDOWOSO
Abstract
Toko Perhiasan Emas Sri Rejeki Bondowoso adalah suatu usaha di bidang
jual beli perhiasan, pertukangan dan reparasi perhiasan emas. Toko Perhiasan
Emas Sri Rejeki Bondowoso merupakan salah satu dari sekian banyak toko emas
yang ada di Bondowoso. Persaingan yang terjadi menimbulkan semakin ketatnya
pangsa pasar, sehingga perusahaan dituntut untuk dapat menguasai pasar dan
dapat mempertahankan konsumen. Salah satu upaya Toko Perhiasan Emas Sri
Rejeki Bondowoso dalam merebut pangsa pasar dan mempertahankan
konsumennya ialah dengan lebih menekankan pada harga dan kualitas produk
yang sesuai dengan daya beli masyarakat serta pelayanan wiraniaga yang ramah
yang diharapkan dapat menarik minat konsumen untuk membeli perhiasan di toko
ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas
produk, harga dan personal selling terhadap kepuasan pelanggan perhiasan di
Toko Perhiasan Emas Sri Rejeki Bondowoso.
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang ada di Bondowoso.
Sampel yang diambil adalah konsumen yang telah membeli perhiasan di Toko
Perhiasan Emas Sri Rejeki Bondowoso dengan jumlah sampel sebanyak 102
responden. Tehnik penentuan pengambilan sampelnya adalah dengan accidental
sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda
dengan pendekatan konfirmatori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga
variabel berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas produk
berpengaruh signifikan pada kepuasan pelanggan, harga berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pelanggan, dan personal selling berpengaruh signifikan
terhdap kepuasan pelanggan.