PENGARUH TEKNIK SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERMASALAHAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Data yang analisis berupa selisih antara skor pre-test dan post-test, baik
kelas IV A (kelas eksperimen) maupun kelas IV B (kelas kontrol) data tersebut untuk
penghitungan t-test. Hasil dari perhitungan tersebut menunjukkan nilai thitung= 6,484.
Nilai thitung kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan db = 64 pada taraf
signifikansi 5% dan diperoleh ttabel 1,998. Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh
thitung>ttabel yaitu 6,484>1,998. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh dari teknik
snowball throwing terhadap hasil belajar IPS pokok bahasan masalah sosial pada
siswa kelas IV di SDN Sumbersari 03 Jember semester genap tahun pelajaran
2015/2016. Diperkuat juga dengan perhitungan kefektifan relatif (ER) yaitu sebesar
88,34%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan teknik snowball throwing
berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Sumbersari 03 Jember
semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Saran bagi guru dapat memakai teknik
snowball throwing sebagai teknik alternatif dalam mengajar di sekolah sehingga
dapat meningkatkan hasil belajar siswa.