• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING DISERTAI PERMAINAN DOMINO FISIKA (DOMFIS) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA

    Thumbnail
    View/Open
    HIDAYATUL MUNAWAROH -1.pdf (4.887Mb)
    Date
    2016-08-08
    Author
    MUNAWAROH, Hidayatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran menekankan pada proses belajar peserta didik dan guru bertugas untuk menciptakan sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar yang menyenangkan seperti tertuang pada Peraturan Pemerintah RI No. 19/2005 serta sesuai dengan kerakteristik mata pelajaraan. Makna pembelajaran dan pertimbangan karakteristik fisika terutama terkait penguasaan keterampilan masih belum terlaksana secara maksimal. Hal ini dapat diketahui berdasarkan beberapa informasi dari Depdiknas, jurnal-jurnal penelitian pendidikan serta observasi di sekolah. Hasil wawancara dengan guru fisika dan observasi pembelajaran fisika di SMAN 1 Genteng dan SMAN 2 Genteng menunjukkan bahwa sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada guru dengan keaktifan siswa dilihat berdasarkan kemampuan mengerjakan soal dan keterampilan proses siswa belum teramati. Permasalahan tersebut dapat diminimalkan dengan memilih penerapan komponen pembelajaran yang inovatif dan tepat yang memiliki kelebihan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pembelajaran yang menuntut siswa berperan aktif dan menyenangkan dalam proses belajar, tuntutan penilaian keterampilan proses, dan kemungkinan belum terbiasanya siswa dengan pembelajaran inkuiri serta kelebihan kartu domino, menjadi dasar dilakukan penelitian dengan menerapkan model inkuiri terbimbing disertai permainan kartu domino pada pembelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing disertai permainan Domino Fisika (Domfis) terhadap keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika SMA, (2) mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing disertai permainan Domino Fisika (Domfis) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika SMA, (3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model inkuiri terbimbing disertai permainan Domino Fisika (Domfis) dalam pembelajaran fisika SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Genteng. Sampel penelitian ditentukan menggunakan metode cluster random sampling setelah dilakukan uji homogenitas. Desain penelitian yang digunakan adalah random pre-test, post-test desain. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian 1dan 2 adalah Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 20.0, serta untuk mendeskripsikan respon siswa digunakan persentase respon siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75981
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository