PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DALAM TEMA KELUARGA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PERMAINAN MELONCAT BULATAN KATA DI KELAS I SDN KAMAL O3 ARJASA JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012
Abstract
Kenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia
umumnya dan membaca permulaan khususnya di SD hanya untuk tujuan yang sesuai
dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan strategi pembelajaran yang
monoton sehingga membuat peserta didik kurang menyenangi pelajaran bahasa
Indonesia dan akibatnya minat belajar peserta didik rendah.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan kemampuan membaca
permulaan peserta didik kelas 1 SDN Kamal 03 tahun pelajaran 2011/ 2012 setelah
dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran permainan.
(2) untuk meningkatkan partisipasi peserta didik kelas 1 SDN Kamal 03 tahun
pelajaran 2011/ 2012 dalam kemampuan membaca permulaan melalui penerapan
pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran permainan.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kamal 03 kelas 1 yang berjumlah 40
peserta didik terdiri dari 20 anak laki- laki dan 20 anak perempuan. Peserta didik
dibagi menjadi 4 kelompok yang hiterogen. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui
observasi dan tes pengambilan data subjek dilakukan tanggal 07 Maret 2012 sampai
dengan 16 Maret 2012 dengan subjek penelitian peserta didik kelas 1 SDN Kamal 03
Arjasa tahun pelajaran 2012/ 2012. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas peserta
didik, aktivitas guru dan tes individu selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi dan tes individu adalah pada
siklus 1 persentase aktivitas yang diperoleh peserta didik adalah sebesar 63,77% dan
94,95% pada siklus 2. Dari tes individu yang diperoleh peserta didik pada siklus 1
sebesar 62,5% dan 82,5% pada siklus 2.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah peserta didik mengalami peningkatan
aktivitas dan hasil belajar pada materi membaca permulaan dengan strategi
permainan serta dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang peserta
didik untuk lebih berani bertanya dan mengungkapkan pendapat. Memotivasi peserta
didik untuk meningkatkan hasil belajarnya.