dc.description.abstract | Media pembelajaran berbasis teknologi informasi (TI) sudah banyak digunakan dibeberapa sekolah termasuk di MAN 2 Jember. Namun media yang digunakan di MAN 2 Jember masih berupa media microsoft powerpoint. Media yang digunakan tersebut belum memberikan daya tarik terhadap minat belajar siswa dengan ditunjukkan dengan siswa kurang memperhatikan dan tidak fokus pada materi yang diterangkan guru, belum efisien ditunjukkan dengan guru harus mengulang materi yang telah dijelaskan, dan belum efektif ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Untuk itu perlu dikembangkan media yang lebih menarik, lebih efisien, dan lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran dengan aplikasi Mindjet MindManager Version 9 yang menarik, efisien dan efektif pada kompetensi dasar koperasi untuk siswa kelas X IPS di MAN 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan model dari Thiagarajan Four-D yang dimodifikasi menjadi 3-D yaitu define, design, dan develop. Pelaksanaan ujicoba produk dilakukan dua kali yaitu ujicoba kelompok kecil dan kelompok luas, yang sebelumnya dilakukan uji kelayakan oleh validator isi/materi dan validator desain media. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, tes dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah deskriptif kuantitatif, hal tersebut meliputi analisis uji tingkat daya tarik diuji dengan menggunakan angket respons siswa, uji tingkat efisiensi diperoleh melalui wawancara peneliti dengan guru mata pelajaran ekonomi dan siswa kelas X IPS di MAN 2 Jember, dan uji tingkat efektivitas diperoleh dari hasil belajar siswa pada kompetensi dasar koperasi sebelum dan sesudah penggunaan media dan kemudian dilakukan uji beda nilai pretest dan posttest melalui rumus paired sampel t-test.
Hasil validasi tahap I isi/materi dan desain media menunjukkan media sudah layak diujicoba namun ada beberapa kriteria yang direvisi sesuai tanggapan dan saran validator. Kemudian media direvisi dan divalidasi pada tahap II dan menunjukkan hasil validasi isi/materi sebesar 100% dan validasi desain sebesar 92,85% yang termasuk dalam kategori sangat layak diujicobakan. Setelah media diujicobakan pada subjek ujicoba terbatas dan luas, hasil menunjukkan bahwa media pembelajaran Aplikasi Mindjet MindManager Version 9 merupakan media yang menarik, efisien dan efektif. Hal tersebut ditunjukkan dengan rata-rata skor angket respons siswa sebesar 80% dengan interpretasi menarik. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 69,61 menjadi 78,23 dengan waktu belajar berkurang dari 3 kali pertemuan alokasi yang ditetapkan dalam silabus menjadi 2 kali pertemuan. Hasil ujibeda (paired sampel t-test) diketahui thitung < ttabel (-13,486 < 2,262) dan signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest dan berarti media pembelajaran Aplikasi Mindjet MindManager Version 9 efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian media pembelajaran Aplikasi Mindjet MindManager Version 9 merupakan media yang menarik, efisien dan efektif, dan hasil tersebut sangat mendukung untuk dikembangkannya media pada kompetensi dasar dan kelas lainnya. | en_US |