PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN, PEMBELAJARAN ORGANISASI, DAN PENGUKURAN KINERJA TERHADAP EFEKTIVITAS PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA PADA SKPD KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Penelitian dengan judul Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Pembelajaran Organisasi, dan Pengukuran Kinerja terhadap Efektivitas Penganggaran Berbasis Kinerja pada SKPD Kabupaten Banyuwangi memiliki tujuan untuk menilai dan menguji serta mendapatkan bukti empiris Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Pembelajaran Organisasi, dan Pengukuran Kinerja Terhadap Efektivitas Penganggaran Berbasis Kinerja pada SKPD Kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang memberikan gambaran rinci atas suatu gejala atau fenomena melalui pengujian hipotesis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode survey melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pejabat struktural di seluruh SKPD Kabupaten Banyuwangi yang terlibat langsung dan mempunyai pengalaman dalam penyusunan dan pelaksanaan anggaran. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengujian terhadap hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 15 (Statistical Program for Social Science) for Windows.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan berpengaruh terhadap efektivitas penganggaran berbasis kinerja pada SKPD di Kabupaten Banyuwangi. Pembelajaran organisasi berpengaruh terhadap efektivitas penganggaran berbasis kinerja pada SKPD di Kabupaten Banyuwangi. Dan, pengukuran kinerja berpengaruh terhadap efektivitas penganggaran berbasis kinerja pada SKPD di Kabupaten Banyuwangi.