• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Accounting
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Accounting
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PROSEDUR AKUNTANSI PENGADAAN ASET PADA DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    TA WAHYU TRI S D3 AKT -1.pdf (2.747Mb)
    Date
    2016-08-05
    Author
    SULISTIAWAN, Wahyu Tri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dari hasil Praktek Kerja Nyata yang dilaksanakan pada Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Jember yang berkaitan dengan Prosedur Akuntansi Pengadaan Aset pada Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Jember dapat disimpulkan bahwa: 1. Prosedur Pembelian Aset Tetap Bagian yang terkait dari prosedur pembelian aset tetap terdiri dari pihak yang memerlukan, Kepala Bidang yang memerlukan, Kepala Sub Bagian Keuangan, Kepala Tata Usaha yang membawahinya, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, dan Kepala Dinas. Dokumen yang dibutuhkan dalam melakukan prosedur pembelian aset tetap yaitu Daftar Permintaan Barang (DPB), Pesanan Pengadaan (PP), dan Penawaran Harga (PH). 2. Prosedur Penerimaan Aset Tetap Dalam prosedur penerimaan aset tetap terdapat bagian yang terkait di dalamnya yaitu Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, Kepala Bidang, Kepala Sub Bagian Keuangan, dan petugas tata usaha. Dokumen yang harus dipersiapkan dalam penerimaan aset tetap adalah Surat Jalan (SJ), Bukti Penerimaan Barang (BPB), dan Pesanan Pengadaan (PP). 3. Prosedur Pengeluaran Aset Tetap Prosedur pengeluaran aset tetap ditangani oleh Kepala Bidang, Kepala Seksi, Kepala Dinas, Kepala Tata Usaha, dan Kepala Sub Bagaian Keuangan. Dalam prosedur pengeluaran aset tetap dokumen yang dibutuhkan terdiri dari Memo Penghentian Pemakaian Aset Tetap (MPPA) dan Jurnal Umum (JU). 4. Prosedur Pemeliharaan Aset Tetap Pihak yang terkait dengan prosedur pemeliharaan aset tetap yaitu Kepala Bidang, Kepala Seksi, Kepala Dinas, dan Petugas. Sedangkan dokumen yang diperlukan terdiri dari Bukti Permintaan dan Pengeluaran Barang (BPPB) dan Surat Perintah Kerja (SPK).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75830
    Collections
    • DP-Accounting [660]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository