PROSEDUR PELAYANAN KARTU ANJUNGAN TUNAI MANDIRI DAN INTERNET BANKING PADA PT BANK JATIM CABANG JEMBER
Abstract
Indonesia mengalami sebuah tantangan globalisasi yaitu globalisasi ekonomi. Perubahan lingkungan bisnis yang semakin berkembang membuat informasi dapat diperoleh dengan cepat lewat internet, hal ini menuntut perusahaan untuk memanfaatkan kemampuan yang ada semaksimal mungkin.
Kemajuan perekonomian Indonesia tidak luput dari peran perbankan sebagai lembaga keuangan. Perkembangan perbankan menjadi sangat penting dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang. Menurut UU No.10 tahun 1998, bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan juga menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau juga  bentuk  –  bentuk  lainnya  dalam  rangka  untuk  meningkatkan  taraf  hidup rakyat banyak. Kegiatan pokok bank itu sendiri adalah menerima simpanan dari masyarakat yang berlebihan dana dalam bentuk giro, tabungan, serta deposito berjangka dan memberikan kredit kepada pihak yang memerlukan dana.
PT Bank Jatim merupakan lembaga keuangan yang bergerak dalam bidang jasa, pemberian pelayanan terbaik (service excellent) merupakan citra Bank Jatim dalam pelayanannya terhadap nasabah. Menghadapi persaingan antar Bank, maka Bank Jatim saat ini telah mengembangkan berbagai konsep pelayanan nasabah dengan  tujuan  untuk  mempertahankan  nasabah  dan  menjangkau  nasabah  – nasabah potensial. Dalam mencapai hal itu bank perlu membangun citra positif dimata masyarakat melalui kualitas produk, kualitas pelayanan, ketertiban keamanan dan mampu menangani kebutuhan nasabah. ATM (Automated Teller Machine) atau populer di Indonesia dengan sebutan Anjungan Tunai Mandiri adalah mesin yang digunakan untuk membantu proses transaksi keuangan secara cepat, praktis dan terintegrasi. Hampir tidak bisa dipungkiri   ATM   memegang   peran   penting   dalam   perekonomian   dunia.
