PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI BLACKBERRY MESSENGER (BBM) PADA SMARTPHONE ANDROID DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian yang dilakukan mengenai perilaku konsumen dalam menggunakan aplikasi BBM pada smartphone android ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomena. Jenis data yang diambil adalah data kualitatif, sedangkan sumber data yang di ambil terdiri dari data primer dan data sekunder. Tehnik wawancara dan observasi digunakan dalam proses pengumpulan data, lalu data yang telah disajikan dan dibahas akan diukur tingkat validitasnya melalui tehnik triangulasi data. Triangulasi data adalah melihat data dari 3 sumber data yang berbeda, dalam penelitian ini yaitu informan, pengamatan fenomena atau observasi, dan yang terakhir adalah pendapat para ahli.
Hasil wawancara dari penelitian ini menyimpulkan bahwa jawaban terbanyak adalah karena adanya berbagai aplikasi/fitur yang tersedia pada smartphone android dapat membantu informan dalam melakukan kegiatan pekerjaan mereka. Pertimbangan lain yang mendasari sebagian kecil informan untuk menggunakan aplikasi BBM pada smartphone android adalah karena pengaruh dari trend, sehingga informan tersebut merasa termotivasi untuk menggunakan smartphone android. Pendapat lain dari sebagian kecil informan
mengatakan bahwa pertimbangan untuk memutuskan menggunakan aplikasi BBM pada smartphone android karena alasan kebutuhan. Aplikasi BBM saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat pada umumnya, hal tersebut dikarenakan masyarakat sekarang menginginkan hal yang praktis dan cepat baik untuk berkomunikasi, bertukar informasi, maupun untuk sekedar mendapatkan hiburan dan semua itu telah tersedia di dalam smartphone android. Jawaban terakhir yang diberikan oleh sebagian kecil informan mengatakan bahwa motivasi mereka menggunakan smartphone adalah karena alasan komunikasi. Aplikasi BBM memudahkan kita untuk berinteraksi dengan orang banyak karena langsung terkoneksi dengan internet.