PENGARUH SUASANA CAFE TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN ITS MILK JEMBER
Abstract
Perkembangan bisnis yang cukup pesat membuat pebisnis harus memunculkan keunikan tersendiri untuk dapat menarik minat konsumen. Tidak hanya memberikan harga diskon, bonus atau bentuk promosi lainnya, mendesain ruangan toko atau cafe juga merupakan suatu strategi yang dapat digunakan untuk menarik minat konsumen. Suasana cafe yang menarik dapat menimbulkan rasa nyaman tersendiri terhadap konsumennya. Adanya desain ruangan yang menarik diharapkan dapat menarik konsumen untuk mengunjungi cafe dan melakukan pembelian. Biasanya kejadian seperti ini dilakukan tanpa direncanakan terlebih dahulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah instore atmosphere dan outstore atmosphere dapat memengaruhi impulse buying pada konsumen Its Milk Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang melakukan pembelian tidak terencana pada produk Its Milk Jember dengan sampel sebanyak 100 responden. Variabel yang di teliti dalam penelitian ini adalah instore atmosphere dan outstore atmosphere sebagai variabel bebas dan impulse buying sebagai variabel terikat. Metode sampling yang digunakan yaitu non probalility sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan confirmatory research dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instore atmosphere berpengaruh signifikan terhadap impulse buying dan outstore atmosphere berpengaruh signifikan terhadap impulse buying konsumen Its Milk Jember.