PENGARUH TERAPI PSIKOEDUKASI TERHADAP MOTIVASI MELAKUKAN OPERASI KATARAK PADA PASIEN KATARAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SEMBORO KABUPATEN JEMBER
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan perbedaan rata-rata yang signifikan antara
sebelum dan sesudah intevensi pada kelompok perlakuan (p = 0,000), sedangkan
pada kelompok kontrol menunjukkan ada penurunan rata-rata antara prestest dan
posttest (p = 0,515). Hasil uji t Independent menunjukkan perbedaan yang
signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p = 0,000). Hasil ini
menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari terapi psikoedukasi
terhadap motivasi untuk melakukan operasi katarak.
Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari
terapi psikoedukasi terhadap motivasi melakukan operasi katarak di wilayah kerja
Puskesmas Semboro Jember. Pasikoedukasi dapat mempengaruhi motivasi karena
psikoedukasi mengintegrasikan psikoterapeutik dengan edukasi. Keadaan
psikologis seseorang akan terpengaruh karena diberikan psikoterapeutik,
sedangkan pengetahuan akan meningkat setelah diberikan edukasi. Berdasarkan
hasil penelitian ini diharapkan terapi psikoedukasi dapat diterapkan sebagai salah
satu intervensi keperawatan sebagai upaya meningkatkan motivasi seorang pasien
katarak untuk melakukan operasi katarak agar angka kejadian katarak dapat
ditekan.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1531]