PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI LAPANGAN ZONA FUTSAL JEMBER
Abstract
Pada dasarnya banyak hal yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan, salah
satunya yaitu kualitas pelayanan yang disediakan oleh suatu badan usaha. Adanya
kualitas pelayanan (terdiri dari daya tanggap, jaminan, kehandalan, bukti fisik, dan
empati) yang baik dapat membuat pelanggan merasa puas akan jasa yang ditawarkan
pengelola, lalu dengan adanya hal tersebut maka tidak menutup kemungkinan
pelanggan akan melakukan pembelian ulang secara rutin di satu tempat. Hal tersebut
juga terjadi pada lapangan Zona Futsal Jember, dimana pada lapangan futsal tersebut
menyediakan pelayanan dan fasilitas yang baik, yang sesuai dengan keinginan para
pelanggan. Dengan adanya kualitas pelayanan dan fasilitas yang baik yang telah
diberikan, maka diharapkan jumlah pelanggan semakin banyak lalu mendaftar
menjadi member dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan berapa besar pengaruh yang
signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di lapangan Zona Futsal
Jember. Serta untuk menjawab hipotesis dari penelitian ini yaitu diduga ada pengaruh
yang signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di lapangan Zona
Futsal Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, penentuan lokasi penelitian
menggunakan metode purposive area, sedangkan untuk menentukan responden
penelitian menggunakan metode accidental sampling yaitu sebanyak 50 responden.
Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, observasi,
wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan
analisis inferensial (yang terdiri dari persamaan regresi linier sederhana, analisis
varian garis regresi, efektifitas garis regresi dan uji F)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh
yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan di lapangan Zona Futsal Jember. Hasil
pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F menghasilkan Fhitung =
134,493 > Ftabel = 4,043 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < α = 0,05 dan
koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 76,2%, sedangkan sisanya 23,8% dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak diteliti seperti pengiklanan atau promosi.