• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KONSEP DESAIN JEMBATAN PELENGKUNG BATU BERBASIS METODE MEXE (THE MILITARY ENGINEERING EXPERIMENTAL ESTABLISHMENT)

    Thumbnail
    View/Open
    Ahmad Faisol Zulqowim - 121910301064 -1.pdf (1.429Mb)
    Date
    2016-08-04
    Author
    ZULQOWIM, Ahmad Faisol
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Banyak tipe-tipe jembatan yang telah dirancang dan dibangun oleh para insinyur teknik sipil, diantaranya adalah jembatan lengkung. Salah satu jenis konstruksi jembatan lengkung adalah jembatan lengkung batu. Jembatan lengkung batu banyak dibangun pada abad 19 terutama di daratan eropa. Jembatan jenis ini banyak yang sudah berumur tua maka diperlukan evaluasi kekuatan strukturnya. Banyak sekali evaluasi yang dilakukan oleh para insinyur dengan metode yang berbeda-beda salah satunya yaitu menggunakan metode MEXE (The Military Engineering eXperimental Establishment). Metode ini dipilih karena evaluasi yang dilakukan secara langsung meninjau keadaan fisik jembatannya yang kemudian dihitung dengan faktor-faktor yang ada dalam peraturan BA 16/97 amandemen no. 2. Evaluasi tersebut hasil akhirnya adalah kapasitas maksimum yang dapat dipikul struktur jembatan lengkung batu. Dari evaluasi menggunakan metode MEXE tersebut, juga dapat untuk menperoleh konsep-konsep perhitungan dimensinya. Sebelum dilakukan perhitungan kapasitas jembatan diperlukan data hasil evaluasi fisik strukturnya berupa bentang jembatan, tinggi kelengkungan pada jarak ½ dan ¼ dari panjang bentang jembatan, tebal kelengkungan, dan tinggi urugan tanah dari puncak kelengkungan. Setelah semua data tersebut diperoleh maka dilakukan perhitungan kapasitas sementara dan perhitungan berdasarkan faktor-faktor yang ditetapkan dalam peraturan BA 16/97 amandemen no. 2 hingga diperoleh kapasitas jembatan lengkung tersebut. Dari kapasitas tersebut dan panjang bentangnya dapat dihitung balik untuk memperoleh konsep desain struktur jembatan lengkung batu yang tetap berdasarkan peraturan BA 16/97 amandemen no.2. Data jembatan lengkung dalam perhitungan ini menggunakan jembatan Wolverhampton Ingris. Dari perhitungan berdasarkan metode MEXE diperoleh kapasitas jembatan sebesar 14,8505 ton. Deformasi yang terjadi pada struktur jembatan lengkung akibat kapasitas yang dipikulnya dianalisis menggunakan software ANSYS 15.0.7 dan diperoleh deformasi sebesar 2,2811 mm. Selain itu, dilakukan variasi penambahan dan pengurangan ketinggian kelengkungan pada jarak ½ dan ¼ dari panjang bentang sebesar 0,01 meter yang dianalisis dengan software ANSYS.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75714
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4211]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository