PENGARUH HARGA, DESAIN, FITUR DAN MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SMARTPHONE ASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Smartphone atau disebut juga ponsel cerdas adalah suatu teknologi
komunikasi yang mempunyai kemampuan seperti teknologi komputer. Ponsel
yang yang menyediakan fitur yang berada diatas dan diluar kemampuan sederhana
untuk membuat panggilan telepon. Salah satu produk smartphone yang diminati
yaitu adalah produk smartphone ASUS. Kepraktisan adalah kunci dari
smartphone. Dengan semakin berkembangnya smartphone menjadikan daya tarik
dan daya jual semakin tinggi. Sejak sosial media bermunculan peran smartphone
dalam kehidupan anak-anak muda semakin kompleks. Sosial media menjadi ajang
anak-anak muda untuk bergaul, bercerita hingga mencari tugas. Khususnya yang
terjadi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember, banyaknya
mahasiswa yang menggunakan smartphone sebagai sarana untuk membantu
proses balajar dan juga sebagai akses kedunia luar untuk menunjang tugastugasnya
serta sebagai alat untuk merefleksikan diri atau sebagai alat melakukan
kontak sosial dengan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah harga, desain, fitur dan juga merek dapat mempengaruhi
kepuasan konsumen dalam melakukan pembelian smartphone, khususnya
smartphone ASUS.
Obyek pada penelitian ini adalah pengguna smartphone ASUS yaitu
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Penelitian dilakukan dengan
menyebarkan kuesioner kepada 110 responden dengan teknik accidental
sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
data statistik Multiple Regression Analysis, untuk mengetahui pengaruh variabel
harga, desain, fitur dan merek secara simultan dan parsial terhadap kepuasan
konsumen smartphone ASUS pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas
Jember.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Harga, Fitur dan Merek
berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Smartphone ASUS pada
mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Sedangkan Variabel Desain
tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen Smartphone ASUS
pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember.