• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STRATEGI PEMASARAN DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Pada Dealer Sentral Yamaha dan Suzuki Trunojoyo Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Hadi Na'im 970210301269_.pdf (20.60Mb)
    Date
    2016-08-02
    Author
    NA'IM, HADI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Semakin banyaknya jenis produk motor yang ada di pasar industri otomotif menjadikan persaingan pemasarannya juga semakin tinggi. Untuk itu setiap perusahaan (dealer) harus mampu menerapkan strategi pemasaran yang tepat guna memenangkan persaingan tersebut. Penelitian dengan judul "Strategi pemasaran dalam mencapai keunggulan bersaing (Studi Kasus pada Dealer Sentral Yamaha dan Suzuki Trunojoyo Jember)" ini dimaksudkan untuk mengetahui bentuk strategi dan tolok ukur keberhasilan strategi pemasaran dealer Sentral Yamaha dan Suzuki Trunojoyo dalam menghadapi persaingan pemasaran sepeda motor di Jember setelah masuknya berbagai macam motor Cina. Data yang digunakan adalah data primer hasil wawancara dengan pimpinan dealer, dan data skunder berupa dokumen dan kepustakaan. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui gambaran tentang bentuk strategi pemasaran dari aspek produk, harga, promosi dan distribusi (marketing mix) dan pelayanan purna jual. Untuk menyusun dan mengidentifikasi faktor-faktor strategis dealer Sentral Yamaha dan Suzuki Trunojoyo dalam memperoleh gambaran tentang peluang dan ancaman digunakan analisis situasi (SWOT) berdasarkan kondisi internal dan eksternal perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk strategi yang diterapkan dealer Sentral Yamaha dan Suzuki Trunojoyo adalah fokus differensiasi yang diterapkan melalui produk, harga, promosi dan distribusi serta pelayanan purna jual. Target penjualan, hasil penjualan dan pangsa pasar sebagai tolok ukur keberhasilan strategi pemasaran atau keunggulan bersaing dealer Sentral Yamaha menunjukkan bahwa rata-rata penjualan per semester selama tahun 1998 - 2001 sebanyak 239 unit, sedangkan rata-rata pangsa pasar per semester tiap bulannya selama tahun 1998-2001 sebesar 17,2 %. Rata-rata hasil penjualan per semester yang dicapai dealer Suzuki Trunojoyo selama tahun 1998-2001 sebanyak 263 unit, sedangkan rata-rata pangsa pasar penjualan sepeda motor yang mampu direbut dealer Suzuki Trunojoyo per semester selama tahun 1998-2001 tiap bulannya sebesar 17,9%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75600
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository