• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    DENGAN METODE DISKUSI KELAS PADA KELAS III C CAWU II SLTP ISLAM WALISONGO BRANGKAL SODKO MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2001 / 2002

    Thumbnail
    View/Open
    Faurisia Widyawati 970210301042_.pdf (12.50Mb)
    Date
    2016-08-01
    Author
    Widyawati, Taurisia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan memecahkan masalah pokok yaitu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas Ill C SLTP Islam walisongo Sooko Mojokerto tahun Pelajaran 2001/2002. Sebab diketahui hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas III C SLTP Islam Walisongo Sooko Mojokerto, cenderung mengalami penurunan, Salah satu penyebabnya adalah pemilihan metode mengajar yang kurang tepat dengan konsep atau sub konsep yang disampaikan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Penelitian Tindakan Kelas, Adapun Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi terstruktur dengan menggunakan format yang telah ditentukan untuk mengetahui sejauh mana para siswa terlibat dalam kegiatan belajar mengajar. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini tritmen (perlakuan yang digunakan) adalah metode diskusi kelas jenis Buzz-group, penerapan metode tersebut diharapkan berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan mampu menemukan jawaban dari permasalahan yang dihadapi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III C yang berjumlah 35 siswa. Penentuan subjek ini dikarenakan kelas III C merupakan kelas yang paling rendah perolehan nilai hasil belajamya dan pasif dalam kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III C. Terbukti sebelum diberi tindakan kelas ketuntasan belajar klasikal 74,3% namun setelah dilaksanakan tindakan kelas meningkat menjadi 85,7%, Rata-rata nilai ulangan harian sebelum diberi tindakan = 58,11; setelah tindakan kelas meningkat menjadi 71,99. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapan metode diskusi kelas dalam pembelajaran ekonomi dapat meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75597
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository