• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR ANAK DI KELAS 1 SLTP 01 ISLAM JEMBER TAHUN AJARAN 2000/2001

    Thumbnail
    View/Open
    Arif 9602100301279_.pdf (11.96Mb)
    Date
    2016-08-01
    Author
    ARIF
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aktivitas belajar anak di kelas perlu dioptirnalkan, untuk itu keterlibatan orang tua dalam membantu proses belajar anak sangat diperlukan. Keterlibatan orang tua dalam proses belajar dapat berupa pemenuhan fasilitas belajar, bimbingan, dan motivasi belajar serta jalinan komunikasi dengan pihak sekolah sehingga, anak dapat belajar dengan optimal tanpa ada sesuatu permasalahan. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 10 juni - 4 juli 2001. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui adakah dan seberapa besar pengaruh keterlibatan orang tua dalam proses belajar terhadap aktivitas belajar anak pada mata pelajaran ekonomi di kelas 1 SLTP 01 Islam Jember Tahun Ajaran 2001. Hipotesis yang di ajukan ada pengaruh yang signifikan keterlibatan orang tua dalam proses belajar terhadap aktivitas belajar anak pada mata pelajaran ekonomi di kelas I SLTP 01 Islam Jember Tahun Ajaran 2001. Responden peneltian seluruh siswa kelas 1 SLTP 01 Islam Jember Tahun 2001yang berjumlah 35 siswa. Data dikoleksi dengan metode angket sebagai metode utama sedangkan metode observasi dan interviu sebagai metode pelengkap. Analisis data yang digunakan analisis statistik yaitu analisis regresi, hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien F reg diperoleh sebesar 7,655 dengan memperhatikan derajat kebebasan (d1?) 1/34 dan tingkat signifikan yang ditetapkan 5 % diperoleh angka 4,13 yang berarti F reg > dari F tabel 5%; Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan keterlibatan orang tua dalam proses belajar terhadap aktivitas belajar anak pada mata pelajaran ekonomi di kelas 1 SLTP 01 Islam Jember Tahun Ajaran 2001 dengan tingkat keterlibatan or ang tua dalam proses belajar terhadap aktivitas belajar anak di kelas sebesar 43,4 °'o, artinya semakin tinggi tingkat keterlibatan orang tua dalam proses belajar, maka aktivitas belajar anak di kelas akan semakin baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75550
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository