• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II-A CAWU 1 SLTP NEGERI 7 JEMBER BIDANG STUDI EKONOMI POKOK BAHASAN KOPERASI INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2000/2001

    Thumbnail
    View/Open
    Chumi Zahroul Fitriyah 960210301315_.pdf (16.42Mb)
    Date
    2016-08-01
    Author
    FITRIYAH, Chumi Zahroul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas metode pembelajaran diskusi kelompok kecil dalam mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar. Dalam penelitian tindakan kelas ini melibatkan 44 responden siswa kelas II A SLTP Negeri 7 Jember yang dilaksanakan pada cawu I. Penelitian ini diawali dengan merumuskan rencana tiap siklus, mengadakan PBM dengan penerapan metode diskusi kelompok kecil. Tahap tiap siklus meliputi rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai langkah awal dilakukan pemberian tes, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dan dijadikan sebagai dasar pembentukan kelompok, selanjutnya dilaksanakan penerapan metode diskusi kelompok kecil. Selama pelaksanaan metode diskusi kelompok kecil dilakukan observasi, di samping itu dilakukan tes setelah PBM, wawancara dan penyebaran angket terhadap siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa minat belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 18,18%, peningkatan dalam minat belajar ini mendorong siswa untuk berperilaku positif yaitu aktifitas siswa meningkat sebesar 29,55% (13 siswa), aktifitas tersebut ditandai dengan partisipasi siswa dalam PBM berupa keberanian dalam mengungkapkan pendapat dan bertanya sesama teman. Efektifitas penerapan metode diskusi kelompok kecil dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan minat belajar, keaktifan siswa dan hasil belajar yang tinggi. sebesar 85,15%, selain itu pelaksanaan penerapan metode diskusi kelompok kecil telah sesuai dengan prosedur yang direncanakan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75548
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository