ANALISIS RANGSANGAN PEMASARAN (MARKET STIMULUS) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN OLEH MAHASISWI PROGRAM PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS JEMBER YANG BERTEMPAT TINGGAL DI KELURAHAN SUMBERSARI TAHUN 1999
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rangsangan pemasaran (market stimulus) yang meliputi produk, harga, promosi dan tempat. Bagaimana keempat rangsangan tersebut bisa mempengaruhi mahasiswi program pendidikan ekonomi FKIP Universitas Jember tahun angkatan 1996, 1997 dan 1998 yang bertempat tinggal di Kelurahan Sumbersari tahun 1999 dalam hal jumlah pembelian dan waktu pembelian mie instan. Untuk mengetahui kepastian keadaan di atas, dilakukan suatu analisis dengan menggunakan metode observasi, intervieu, angket dan dokumen. Berdasarkan hash' penelitian melalul analisis statistik menghasiikan kesimpulan bahwa rangsangan pemasaran (market stimulus) mempengaruhi keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan Analists Variant Garis Regresi yang menghasilkan Freg sebesar 9,16793 Iebih besar dad Fta.bel pada db 1158 pada taraf 5% sebesar 4,008. Menunjukkan bahwa hipotesis kerja yang diajukan diterima dan menghasilkan kesimpulan signifikan, artinya "ada pengaruh rangsangan pemasaran (market stimulus) terhadap keputusan pembelian mie instan oleh mahasisivvi Program Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember yang bertempat tinggal di Kelurahan Sumbersari tahun 1999. Sedangkan pengaruh rangsangan pemasaran (market stimulus) terhadap keputusan pembelian mie instan sebesar 13,64927%. Dan dad angket yang tersebar sebanyak 60 angket dan terkumpul kembali 60 angket, 83,33% merniiih mie gorging sebagai mie instan yang dikonsumsi. `visa angket yang telah tersebar berarti 16)(37% memilih mie goreng sebagai mie instan yang dikonsumsi.