KAREKTERISTIK CERITA ANAK-ANAK BUKU BANTUAN INPRES TAHUN 1999 YANG MENARIK MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI JEMBER LOR 1 DAN JEMBER LOR II
Abstract
Karakteristik cerita anak-anak merupakan hal penting untuk meningkatkan minat baca anak-anak khususnya usia Sekolah Dasar. Untuk mengetahui karakteristik cerita anak-anak dapat dilakukan dengan memperhatikan unsur-unsur di dalamnya, yaitu unsur instrinsik (isi) dan unsur bentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik cerita anak-anak yang menank minat baca siswa SDN Jember [tor I dan Jember [or El clan diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan apresiasi siswa khususnya pelapran sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif Teknik angket digunakan sebagai penjaring data utama dart responden, sedangkan data pendukungnya adalah cerita anak-anak yang paling diminati siswa. Untuk. mernpermudah analisis data, maka digunakan teknik persentase guna niengetahui tingkat minat siswa terhadap cerita anak-anak buku bantuan inpres tahun 1999. klasil analisis angket dan apresiasi peneliti terhadap cerita anak-anak dart segi unsur isi adalah: ( I ) tokoh yang disukai siswa adalah tokoh manusia dan binatang yang bersifat petnberani dan pahlawan, (2) terra yang disukai siswa adalah cerita tentang asal-usul suatu daerah, menggambarkan kelucuan dan peristiwa petualangan, (3) setting yang disukai siswa adalah clam pedesaan atau pegunungan dan taut, waktu pagi hare, peristiwanya adalah persatuan dan kebersamaan, suasananya luar biasa (penuh kejutan), serta cerita tentang masa lampau, (4) bahasa dan gays bahasa yang disukai siswa adalah bahasa yang mudah dimengerti, dialognya pendek-pendek, perumparnaan disukai karena cerita jadi lebih indah dan menimbulkan fantasi, penggunaan kalimat-kalimat panjang disukai untuk memperjelas latar, (5) alur yang disukai siswa adalah alur lurus yang diakhiri dengan kebahagiaan. Sedangkan dart unsur bentuk adalah (1) format buku yang disukai siswa adalah buku yang berukuran 15x21cm, kertas berwarna putih, huruf yang digunakan untuk judul cerita dibuat berukuran besar clan bagus, sekitar 24-48 poin, sedangkan untuk huruf di dalam buku, siswa menyukai yang biasa saja, sekitar 14 poin, untuk jarak antar kata disesuaikan dengan besatnya bumf, (2) buku cerita yang disukai siswa adalah yang bergambar banyak, bagus dan berwarna, warna yang disukai adalah yang menarik.