Pelaksanaan administrasi penjualan tembakau pada PT Perkebunan Nusantara X (Persero) Kebun Kertosari Jember
Abstract
Tujuan utama dari setiap didirikannya perusahaan baik itu perusahaan yang
bergerak di bidang industri, perdagangan maupun jasa dalam menjalankan operasinya
adalah untuk memperoleh keuntungan sebesar-besamya, sebab keuntungan akan
mempengaruhi kelangsungan hidup dan perkembangan perusahaan. Secara umum
tujuan perusahaan untuk memperoleh keuntungan tersebut merupakan tujuan akhir
yang ingin dicapai yang akan memberikan arah dalam setiap kegiatan yang
dilaksanakan oleh perusahaan. Disamping hal tersebut kemampuan manajemen
perusahaan didalam melihat kemungkinan dan kesempatan dimasa yang akan datang,
baik itu jangka panjang maupun jangka pendek ikut berperan menunjang keberhasilan
perusahaan dalam mencapai tujuan. Pemasaran merupakan suatu kegiatan operasional yang sangat penting, sebab keberhasilan suatu perusahaan akan dapat di capai apabila kegiatan pemasarannya dapat berjalan dengan baik, disamping itu kegiatan pemasaran pada dasarnya merupakan kegiatan awal sebelum kegiatan produksi dilaksanakan.
Efektivitas tujuan perusahaan dalam bidang pemasaran dipengaruhi oleh dua fa!ctor, yaitu : faktor ekstern dan faktor intern. Faktor ekstern adalah faktor yang
berasal dari luar perusahaan antara lain perkembangan ekonomi, situasi politik dan
persaingan antar perusahaan. Sedangkan faktor intern adalah faktor yang berasal dari
perusahaan itu sendiri yang berhubungan dengan manajemen serta kebijaksanaan perusahaan