• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN EKONOMI SEMESTER GENAP SMA NEGERI BALUNG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi1_Yessy Ika Noviantari_1_18.pdf (559.0Kb)
    Date
    2013-07-30
    Author
    Yessy Ika Noviantari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan sangat penting bagi kehidupan manusia. Pemerintah berupaya setiap tahunnya untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang ada. Membahas masalah kualitas pendidikan, tak lepas dari pencapaian hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dapat dijadikan tolak ukur untuk menilai keberhasilan sekolah. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal, banyak faktor yang terkait di dalamnya. Beberapa diantaranya faktor kurikulum, guru, orang tua, dan siswa itu sendiri. Latar belakang sosial ekonomi orang tua itu dalam masyarakat dapat dilihat dari pendapatan, pekerjaan dan pendidikan yang dimiliki. Sedangkan factor yang berasal dari siswa adalah motivasi belajar. Di SMA Negeri Balung ini menurut data siswa yang diperoleh melalui dokumentasi dari Tata Usaha, ada sebagian siswa yang mempunyai latar belakang sosial ekonomi yang beragam dan masih dalam tingkat menengah yang menunjukkan bahwa sebagian orang tua siswa bekerja pada bidang informal. Hal ini menyebabkan siswa hanya memiliki fasilitas belajar yang seadanya, yang membuat motivasi siswa dalam belajar ekonomi menjadi kurang baik.. Untuk itu meskipun latar belakang sosial ekonomi keluarga rendah hendaknya tetap dapat memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan hasil belajar mereka. Siswa hendaknya dapat meningkatkan motivasi belajar dari dalam dirinya sehingga siswa akan lebih giat dalam belajar yang akan mempengaruhi hasil belajarnya. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan adanya pengaruh yang signifikan dari latar belakang sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa siswa kelas X mata pelajaran ekonomi semester genap SMA Negeri Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011, serta manakah faktor yang berpengaruh paling dominan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan cara Purposive Area yakni SMA Negeri 3 Jember. Metode penentuan responden dengan cara populasi yakni siswa kelas X, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang sosial ekonomi orang tua (X1) dan motivasi belajar siswa (X2) berpengaruh secara nyata terhadap hasil belajar (Y). Dibuktikan pada hasil perhitungan Fhitung sebesar 92,660 > Ftabel 3,14 dan α = 0,05 > sig F = 0,000 yang berarti bahwa latar belakang sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi semester genap SMA Negeri Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Proporsi sumbangan masing-masing variabel, yaitu untuk variabel latar belakang sosial ekonomi orang tua (X1) sebesar 32,59% dengan thitung sebesar 4,016. Sedangkan variabel motivasi belajar siswa (X2) sebesar 41,15% dengan thitung sebesar 4,944. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa variabel motivasi belajar siswa (X2) mempunyai pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi apabila dibandingkan dengan motivasi belajar siswa (X2). Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti bahwa motivasi belajar siswa yang tinggi dari siswa kelas X sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi, oleh karena itu diharapkan para siswa untuk mempunyai motivasi belajar yang tinggi sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/752
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository