PENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN EKONOMI SEMESTER GENAP SMA NEGERI BALUNG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Pendidikan sangat penting bagi kehidupan manusia. Pemerintah berupaya
setiap tahunnya untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang ada. Membahas
masalah kualitas pendidikan, tak lepas dari pencapaian hasil belajar siswa. Hasil
belajar siswa dapat dijadikan tolak ukur untuk menilai keberhasilan sekolah. Untuk
mencapai hasil belajar yang optimal, banyak faktor yang terkait di dalamnya.
Beberapa diantaranya faktor kurikulum, guru, orang tua, dan siswa itu sendiri. Latar
belakang sosial ekonomi orang tua itu dalam masyarakat dapat dilihat dari
pendapatan, pekerjaan dan pendidikan yang dimiliki. Sedangkan factor yang berasal
dari siswa adalah motivasi belajar. Di SMA Negeri Balung ini menurut data siswa
yang diperoleh melalui dokumentasi dari Tata Usaha, ada sebagian siswa yang
mempunyai latar belakang sosial ekonomi yang beragam dan masih dalam tingkat
menengah yang menunjukkan bahwa sebagian orang tua siswa bekerja pada bidang
informal. Hal ini menyebabkan siswa hanya memiliki fasilitas belajar yang seadanya,
yang membuat motivasi siswa dalam belajar ekonomi menjadi kurang baik..
Untuk itu meskipun latar belakang sosial ekonomi keluarga rendah
hendaknya tetap dapat memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan hasil
belajar mereka. Siswa hendaknya dapat meningkatkan motivasi belajar dari dalam
dirinya sehingga siswa akan lebih giat dalam belajar yang akan mempengaruhi hasil
belajarnya.
Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan adanya pengaruh yang signifikan
dari latar belakang sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil
belajar siswa siswa kelas X mata pelajaran ekonomi semester genap SMA Negeri Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011, serta manakah faktor yang
berpengaruh paling dominan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan
dengan cara Purposive Area yakni SMA Negeri 3 Jember. Metode penentuan
responden dengan cara populasi yakni siswa kelas X, sedangkan metode
pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang sosial ekonomi orang tua
(X1) dan motivasi belajar siswa (X2) berpengaruh secara nyata terhadap hasil belajar
(Y). Dibuktikan pada hasil perhitungan Fhitung sebesar 92,660 > Ftabel 3,14 dan α =
0,05 > sig F = 0,000 yang berarti bahwa latar belakang sosial ekonomi orang tua dan
motivasi belajar siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar
siswa kelas X mata pelajaran ekonomi semester genap SMA Negeri Balung
Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Proporsi sumbangan masing-masing
variabel, yaitu untuk variabel latar belakang sosial ekonomi orang tua (X1) sebesar
32,59% dengan thitung sebesar 4,016. Sedangkan variabel motivasi belajar siswa (X2)
sebesar 41,15% dengan thitung sebesar 4,944. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat
diketahui bahwa variabel motivasi belajar siswa (X2) mempunyai pengaruh paling
dominan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi apabila dibandingkan
dengan motivasi belajar siswa (X2).
Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti bahwa motivasi belajar siswa yang
tinggi dari siswa kelas X sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata
pelajaran ekonomi, oleh karena itu diharapkan para siswa untuk mempunyai motivasi
belajar yang tinggi sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh
siswa.