KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH (Problem Solving) PADA SUB POKOK BAHASAN FUNGSI KUADRAT SISWA KELAS 11.5 SEMESTER I SMUN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2003/2004
Abstract
Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran matematika yaitu memberikan pengalaman kepada siswa untuk memecahkan suatu masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa menyelesaikan soal pemecahan masalah pada sub pokok bahasan Fungsi Kuadrat siswa kelas II.5 semester 1 SMUN 1 Jember 2003/2004. Pengambilan data dilakukan tanggal 20 Oktober 2003 pada kelas II.5 di SMUN 1 Jember. Pada penelitian ini dilakukan pengumpulan data dengan metode tes. Untuk keperluan analisis digunakan rumus persentase data nilai siswa dan persentase kemampuan menyelesaikan soal. Dari analisis data diperoleh rata-rata nilai siswa sebesar 79,9 persentase data nilai test siswa sebesar 79,9%, dan persentase kemampuan siswa menyelesaikan soal pemecahan masalah sebesar 79,92%. Persentase kemampuan siswa kemudian diinterpretasikan secara kualitatif sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah mencapai predikat baik. Kesimpulan dari hasil analisis ini adalah kemampuan meyelesaikan soal pemecahan masalah pada sub pokok bahasan Fungsi Kuadrat siswa kelas II.5 semester I SMUN I Jember tahun ajaran 2003/2004 mencapai predikat baik dengan persentase kemampuan sebesar 77,9%.