• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    APLIKASI PENGGUNAAN MEDIA CD (COMPACT DISC) INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA (Pokok Bahasan Ekosistem Kelas I Semester 2 SMAN 2 Jember Tahun Ajaran 2004/2005)

    Thumbnail
    View/Open
    Syaiful Amri 010210103007.pdf (26.14Mb)
    Date
    2016-06-23
    Author
    AMRI, SYAIFUL
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran di SMA perlu penerapan multimedia dan multimetode untuk mengatasi perbedaan karakteristik siswa. Media yang digunakan juga perlu lebih inovatif dan bervariasi agar dapat memotivasi siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). penggunaan media CD (Compact disc) interaktif terhadap motivasi belajar siswa, (2). penggunaan media CD interaktif terhadap ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2005 di SMAN 2 Jember. Penentuan responden penelitian melalui uji homogenitas. Dan uji homogenitas, kemudian dilakukan teknik Random Sampling untuk menentukan sampel penelitian. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X2 (kelas eksperimen) dan kelas X3 (kelas kontrol). Di kelas eksperimen diterapkan pembelajaran menggunakan media CD interaktif scdangkan di kelas kontrol pembelajaran tanpa menggunakan media CD interaktif. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis hasil belajar siswa adalah metode angket dan analisis ketuntasan belajar. Dari hasil angket menunjukkan bahwa sebanyak 70,1% siswa menjawab point ya, 9,7% siswa menjawab point tidak dan 20,2% siswa menjawab sama saja. Hal ini menunjukkan bahwa point ya lebih besar daripada tidak/sama saja, artinya bahwa motivasi belajar siswa meningkat. Dari analisis ketuntasan belajar siswa menunjukkan pada kelas eksperimen untuk aspek kognitif ada 2 siswa yang belum tuntas (5 %) dan 38 siswa tuntas (95%). Untuk aspek afektif dan psikomotor seluruh siswa telah tuntas (100%). Pada Wu. kontrol, untuk aspek kognitif ada 14 siswa yang belum tuntas (33,3%) dan 28 siswa tuntas (66,7%). Untuk aspek afektif ada 8 siswa belum tuntas (19,05%) dan 34 siswa tuntas (80,95%), sedangkan untuk aspek psikomotor ada 10 siswa belum tuntas (23,81%) dan 32 siswa tuntas (76,19%). Hal ini menunjukkan bahwa dan ketuntasan belajar siswa meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75034
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository