dc.description.abstract | Guru adalah salah satu unsur yang penting dalam meningkatkan mutu pendidikan, bagaimanapun unsur lain ditingkatkan peran guru tidak dapat digantikan. Namum adanya perbedaan sratifikasi ilmu (materi), ketrampilan, dan salah satu permasalahan dalam proses belajar mengajar, Oleh karena itu perlu adanya suatu media atau saran untuk memecahkan berbagai permasalahan tersebut yakni dengan diselenggarakannya kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Adapun tujuan dan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Penyelenggaraan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi SLTP dan SMU terhadap prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa besar presentase sumbangan yang diberikan terhadap prestasi belajar siswa. Responden pada penelitian ini adalah guru SLTP dan SMU Negeri di Kabupaten Jember yang mengikuti kegiatan MGMP Biologi tahun 2002/2003. Dari hasil analisa data dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana diperoleh thitung untuk koefisien regresinya = 13,012 sedangkan pada ttabel untuk db28 = 1,701 karena harga thitung > ttabel hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan Penyelenggaraan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi SLTP dan SMU terhadap prestasi belajar siswa sedangkan dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa sumbangan prediktor (Y) terhadap kriterium (X) sebesar 25,74%. Dan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara Penyelenggaraan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi SLTP dan SMU terhadap prestasi belajar siswa sedangkan persentase sumbangan Penyelenggaraan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi SLIP dan SMU terhadap prestasi belajar siswa sebesar 25,74%. | en_US |