Identifikasi Jenis Kecerdasan pada Mahasiswa Angkaian 2003 Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan dommansi jenis kecerdasan yang dimilila oleh mahasiswa angkatan 2003 PS.Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jember yang mana mengacu pada jenis kecerdasan menurut Gardner dalam teorinya Multiple lnteligences. Penelitian ini dilaksanakan di PS. Pendidikan Biologi FKlP Universitas Jember pada bulan Mei 2004. Responden penelitiannya adalah seluruh mahasiswa angkatan 2003 yang berjumlah 48 orang. lndikator yang diukur dalam penelitian mi adalah jenis kecedasan yang dimiliki oleh mahasiswa angkatan 2003 sebagai parameter utama dan motivasi mabasiswa angkatan 2003 dalam memilih PS.Pendidikan Biologi sebagai parameter pendukung. Pengarnbilan datanya menggunakan metode dokumentasi, tes, angkatan kerja, dan wawancara, yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif