Pelaksanaan administrasi keuangan di bagian bendaharawan khusus penerima pada kantor pertanahan kabupaten Jember
Abstract
Untuk mencapai keberhasilan suatu instansi atau perusahaan dalam
menjalankan usahanya tidak semata-mata tergantung dari besarnya modal, kantor
yang bagus dan karyawan yang banyak. Adanya administrasi yang baik turut
menentukan berhasilnya suatu perusahaan dalam mengkoordinasikan dan
menentukan sasaran yang telah ditentukan. Administrasi sangat penting
peranannya karena tanpa adanya administrasi tidak mungkin seluruh kegiatan
keuangan dapat diawasi setiap saat oleh perusahaan. Di samping itu kegiatan
sehari-hari suatu perusahaan juga dapat berjalan dengan lancar dalam mencapai
tujuan yang telah ditetapkan.
Administrasi merupakan proses kerjasama antara sekelompok orang-orang secara tertentu untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditentukan dan
direncanakan sebelumnya. Sedangkan keuangan adalah suatu fungsi dari
perusahaan yang memperhatikan pada aliran uang didalamnya. Jadi administrasi
keuangan adalah proses kerjasama antara sekelompok orang untuk mencapai
tujuan tertentu dengan memperhatikan aliran uang di dalamnya. Peranan
administrasi keuangan pada perusahaan antara lain memberikan kemudahan pada
perusahaan untuk menelusuri dana, pencatatan, penerimaan, pengeluaran dan
menentukan metode yang digunakan serta mempertanggungjawabkan penggunaan dana. Kantor Pertanahan sebagai suatu instansi vertikal dari Badan Pertanahan
Nasional (BPN) merupakan satu-satunya lembaga yang berwenang melakukan
pendaftaran tanah. Kantor Pertanahan Jernber merupakan salah satu lembaga yang
juga mencatat setiap mutasi (peralihan) hak, pengikatan jaminan pengikatan hak
baru yang timbul dari perjanjian dan lain-lain. Di samping itu tugas dari Kantor
Pertanahan adalah menerbitkan tanda bukti hak atas tanah yang bersama-sama dengan surat ukur atas tanahnya yang disebut sertifikat hak atas tanah