PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA KONSEP SISTEM SARAF KELAS 2 SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2003-2004 DI SMP NEGERI 2 RAMBIPUJI JEMBER
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah
(1). Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa selama pembelajaran kooperatif tipe STAD;
(2). Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Responden penelitian adalah siswa kelas 2A SMPN 2 Rambipuji. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu pada tes pendahuluan ketuntasan klasikal sebesar 36,58%, dan tes I mencapai 73,11%, tes II sebesar 85,36%, dan tes Ill mencapai 90,24%. Selain itu juga dapat meningkatkan aktivitas siswa yaitu pada siklus I sebesar 60,36%, siklus II sebesar 71,54%, dan siklus III sebesar 82,32%, sehingga dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran biologi kelas 2 semester 2 khususnya pada konsep sistem saraf.