• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA INDUSTRI TAPE DI KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2010

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Wardatul Hasanah_1_18.pdf (283.2Kb)
    Date
    2013-07-30
    Author
    WARDATUL HASANAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Banyaknya industri tape di Kabupaten Bondowoso yang memproduksi produk sejenis mendorong perusahaan untuk melakukan diversifikasi produk dengan melalui penganekaragman produk, packaging/pembungkusan dan ukuran. Diversifikasi tersebut dimaksudkan untuk mengatasi persaingan dalam pasar dan meningkatkan volume penjualan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh dari variabel diversifikasi produk yang terdiri dari ragam produk, packaging/pembungkusan dan ukuran terhadap volume penjualan pada industri tape di Kabupaten Bondowoso tahun 2010, dan untuk mengetahui manakah diantara variabel diversifikasi yang terdiri dari ragam, packaging, dan ukuran yang mempunyai pengaruh dominan terhadap volume penjualan. Hipotesis yang diajukan yaitu ada pengaruh yang signifikan variabel diversifikasi produk yang terdiri dari ragam produk, pembungkusan dan ukuran terhadap volume penjualan. Salah satu variabel diversifikasi produk yang terdiri dari ragam produk, pembungkusan dan ukuran yang mempunyai pengaruh dominan terhadap volume penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan jumlah responden menggunakan metode populasi sebanyak 33 pemilik industri tape yang melakukan diversifikasi di Kabupaten Bondowoso. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis varian garis regresi, uji F, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel diversifikasi produk yang terdiri dari ragam produk, packaging/pembungkusan, dan ukuran secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan sebesar 81,7%. Secara parsial proporsi sumbangan variabel ragam produk sebesar 40,78%, variabel packaging/pembungkusan sebesar 25,82%, dan variabel ukuran sebesar 15,10%. Hal tersebut menunjukkan bahwa secara parsial variabel ragam produk mempunyai pengaruh dominan daripada variabel packaging/pembungkusan, dan variabel ukuran terhadap volume penjualan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa diversifikasi produk yang terdiri dari ragam produk, packaging/pembungkusan, dan ukuran berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Variabel ragam produk (X1) mempunyai pengaruh paling besar terhadap volume penjualan pada Industri Tape di Kabupaten Bondowoso Tahun 2010.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/747
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository