PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA INDUSTRI TAPE DI KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2010
Abstract
Banyaknya industri tape di Kabupaten Bondowoso yang memproduksi produk
sejenis mendorong perusahaan untuk melakukan diversifikasi produk dengan melalui
penganekaragman produk, packaging/pembungkusan dan ukuran. Diversifikasi
tersebut dimaksudkan untuk mengatasi persaingan dalam pasar dan meningkatkan
volume penjualan.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
besarnya pengaruh dari variabel diversifikasi produk yang terdiri dari ragam produk,
packaging/pembungkusan dan ukuran terhadap volume penjualan pada industri tape
di Kabupaten Bondowoso tahun 2010, dan untuk mengetahui manakah diantara
variabel diversifikasi yang terdiri dari ragam, packaging, dan ukuran yang
mempunyai pengaruh dominan terhadap volume penjualan. Hipotesis yang diajukan
yaitu ada pengaruh yang signifikan variabel diversifikasi produk yang terdiri dari
ragam produk, pembungkusan dan ukuran terhadap volume penjualan. Salah satu
variabel diversifikasi produk yang terdiri dari ragam produk, pembungkusan dan
ukuran yang mempunyai pengaruh dominan terhadap volume penjualan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian
menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan jumlah responden
menggunakan metode populasi sebanyak 33 pemilik industri tape yang melakukan
diversifikasi di Kabupaten Bondowoso. Metode pengumpulan data yang digunakan
terdiri dari metode: angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis varian garis regresi, uji F, uji t dan
koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel diversifikasi produk yang
terdiri dari ragam produk, packaging/pembungkusan, dan ukuran secara simultan
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan sebesar 81,7%.
Secara parsial proporsi sumbangan variabel ragam produk sebesar 40,78%, variabel
packaging/pembungkusan sebesar 25,82%, dan variabel ukuran sebesar 15,10%. Hal
tersebut menunjukkan bahwa secara parsial variabel ragam produk mempunyai
pengaruh dominan daripada variabel packaging/pembungkusan, dan variabel ukuran
terhadap volume penjualan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
diversifikasi produk yang terdiri dari ragam produk, packaging/pembungkusan, dan
ukuran berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Variabel ragam produk
(X1) mempunyai pengaruh paling besar terhadap volume penjualan pada Industri
Tape di Kabupaten Bondowoso Tahun 2010.