Show simple item record

dc.contributor.authorMiswatun Khasanah
dc.date.accessioned2013-12-10T06:03:15Z
dc.date.available2013-12-10T06:03:15Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210204401
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7466
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran di SDN Pakuniran 2 Probolinggo kurang meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, selama pelaksanaan observasi awal peneliti melihat siswa kelas IVB hasil belajar IPS kurang optimal. Hasil belajar yang kurang optimal disebabkan guru memberikan materi dengan cara berceramah. siswa cenderung pasif sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik dan menjadikan siswa malas belajar, ramai dan berbicara dengan temannya. Siswa jarang bertanya kepada guru atau teman yang lebih tau jika mereka mengalami kesulitan dan siswa yang biasa menjawab tidak mau memberikan penjelasan kepada siswa lain yang belum mengerti, ketika siswa diberi soal-soal latihan mereka tidak bisa menjawab, yang bisa mereka jawab hanya soal-soal yang sama persis dengan yang dicontohkan oleh guru oleh karena itu, guru harus membantu siswa utuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karekteristik siswa. Pembelajaran kooperatif adalah sistem pengajaran yang memberikan kesempatan kepada anak didik untuk bekerja sama dengan sesama siswa dalam tugas-tugas yang terstruktur. Salah satu metode pembelajaran kooperatif yaitu model Learning Together dalam implementasinya guru memberi tugas kelompok siswa berdiskusi untuk menyelesaikan tugasnya, mempresentasikan hasil diskusi dan guru memberikan evaluasi. Dengan demikian, model learning together atau belajar bersama ini dapat menumbuhkan sikap kerja sama yang baik antar siswa satu sama lain dalam kelompoknya dan siswa memiliki tanggung jawab pada kelompoknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimanakah aktivitas siswa selama pembelajaran IPS kelas IV SDN Pakuniran 2 Materi kegiatan ekonomi melalui pembelajaran kooperatif model learning together Tahun Ajaran 2010-2011? 2. Bagaimanakah hasil belajar siswa selama pembelajaran IPS kelas IV SDN Pakuniran 2 materi kegiatan ekonomi melalui pembelajaran kooperatif model learning together Tahun Ajaran 2010-2011? Berdasarkan uraian diatas tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar belajar IPS siswa kelas IV SDN Pakuniran 2 tahun ajaran 2010/2011 melalui pembelajaran kooperatif model learning toghether Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebayak 2 siklus. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Pakuniran 2 probolinggo, dilakukan mulai hari senin pada tanggal 23 september 2010 sampai dengan 24 oktober 2010, subjek penelitian adalah siswa kelas IVB yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pra siklus sampai ke siklus I. Siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan. Dan hasil belajar dalam penelitian ini di ukur dengan pos tes, pada analisis siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu 67%, dan hasil analisis siklus II 92,3%. Hasil persentase belajar siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, dan pada siklus II sudah mencapai kriteria ketuntasan maksimum (KKM) yaitu 70% dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai >60 dari skor maksimal 100 maka dapat dikatakan bahwa siswa kelas IV SDN Pakuniran 2 probolinggo telah tuntas belajar secara kasikal. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Model Learning Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, karena siswa dapat saling bekerja sama dalam mengerjakan soal dan memahami materi yang mereka anggap sulit dan menambah keakraban antar teman. Pemberian penghargaan berupa pujian dan hadiah pada kelompok yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi ternyata dapat menambah motivasi belajar mereka.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070 210 204 401;
dc.subjectPembelajaran Kooperatif, Model Learning Together, Aktivitas dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL LEARNING TOGETHER (LT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI) SISWA KELAS IV SDN PAKUNIRAN 02 PROBOLINGGOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record