dc.description.abstract | Suatu perusahaan dalam bldang usaha perdagangan dapat
dikatakan sabagai perusahaan yang berhasil apabila mampu mencapai
tujuan yang dltetapkan. Hal Ini bisa disadarl karena tujuan perusahaan
merupakan salah satu landasan bagi kegiatan perusahaan, karena dimasa
yang akan datang dihadapkan pada perdagangan bebas dimana setiap
perusahaan bebas memproduksl dan memasarkan hasll produkslnya.
Tujuan perusahnan bukan hanya mengejar keuntungan semata tetapi
juga memperhatlkan kepuasan konsumen. Rencana darl tujuan
perusahaan sangat tergantung kepada kemampuan manajemen dalam
merencanakan, mengorganisaslkan, memimpin dan mengendalikan semua sumber daya perusahaan sehlngga perusahaan mampu bertahan
bahkan terus berkembang .
Salah satu keQiatan p-:>kok untuk mencapai tujuan perusahaan
tergantung darl keglatan penjualan. Penjualan pad a dasarnya m erupakan
ilmu dan seni m empengaruhi pribadi yang dilakukan oleh penjual untuk
m engajak orang lain agar bersedi a m em bell oarang yang dltawarkannya
(Basu Swastha,· 1998:8). Oalam kegiatan ~enjualannya, perusahaan
serlng dlhadapkan pada kondlsl ketidakpastian. Rlsiko-rlslko yang
dlhadapl perusahaan antara lain perubahan se/era konsumen, munculnya
produk pengganti, perubahan muism, persaingan yang ketat diantara
perusahaan sejenls, kondlsl permlntaan yang berftuktuasl, serta
merosotnya harga jual. Perusahaan akan selalu berusaha memperkecil
risiko tersebut, bahkan sedapat mungkin berusaha menghindarinya.
Untuk mencapai kesemuanya itu perlu adanya perencanaan penjualan
yang matang guna mengetahui peningkatan volume penjualan yang ingin dicapai perusahaan. | en_US |