dc.description.abstract | Dipilihnya Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Taman Kanakkanak
'·Dharma Wanita" Desa Sekaralas, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi,
karena kosakata merupakan dasar bagi siswa Taman Kanak-kanak dalam merangkai
suatu kata menjadi sebuah kalimat.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah : kosakata bahasa
Indonesia apa sajakah yang dikuasai oleh siswa Taman Kanak-kanak --Dharma
Wanita", Desa Sekaralas, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawin tahun ajaran 2000/2001. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penguasaan
kosakata bahasa Indonesia siswa Taman Kanak-kanak", Desa Sekaralas, Kecamatan
Ngawi, Kabupaten Ngawin tahun ajaran 2000/2001 .
Penelitian dalam skripsi ini dirancang dengan menggunakan rancangan
deskriftif dengan menggunakan jen is penelitian kualitatif. Mctode pengumpulan data
dengan menggunakan tes lisan dengan pemancingan (elisistasi). Sedangkan
menganalisisnya dengan menggunakan langkah-langkah mengkaji data,
mcntransk ripsi data, menelaaah data, mengklasifikasikan data, dan menyimpulkan data. Hasil dalam penelitian ini adalah kosakata-kosakata yang dikuasai siswa
meliputi : a) kosakata benda yaitu kosakata benda yang ada di dalam kelas, di luar
kelas,di dalam rumah, dan di luar rumah, b) kosakata sifat yaitu kosakata sifat orang,
benda dan binatang, c) kosakata kerja yaitu kosakata kerja asal dan kosakata kerja
turunan, d) kosakata keterangan yaitu kosakata keterangan kerja dan kosakata
ketyerangan objek, e) kosakata bilangan yaitu kosakata bilanganyang meliputi
hitungan satu sampai sepuluh, f) kosakata ganti yaitu kosakata ganti orang dan
kosakata ganti penunjuk, g) kosakata tugas adalah kosakata tugas konjungsi, dan
preposisi.
Saran yang dapat diberikan berdasarkan kesimpulan adalah semoga di dalam
proses belajar mengajar di sekolah dibiasakan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar sehingga bahas.a Indonesia menjadi bahasa baku yang merupakan bahasa penghanyar dalam dubiapnsisikan | en_US |