Perbedaan Pembelajaran Antara Kegiatan Praktikum ke Teori dan Teori ke Praktikum Terhadap Hasil Belajar Biologi siswa Kelas II Semester 1 SMUN Suboh Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2002 / 2003
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penelitian adanya perbedaan hasil belajar antara kegiatan praktikum ke teori dan teori ke praktikum siswa kelas ll semester l SMUN Suboh Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2002 / 2003 dan untuk mengetahui hasil belajar manakah yang lebih baik antara kegiatan praktikum ke teori dan teori ke praktikum siswa kelas II semester I SMUN Suboh Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2002 / 2003. Metode yang di gunakan dalam menetapkan responden penelitian adalah Random Sampling, dengan mengambil dua kelas yang hendak di jadikan penelitian. Untuk menentukan kelas yang dijadikan obyek penelitian adalah dengan melakukan pre tes. Untuk mengetahui adanya perbedaan antara dua kelas tersebut adalah dengan melakukan uji t-tes. Dari hasil uji t di ketahui nilai hasil t-hitung (0,22) lebih kecil dari nilai t-tabel baik dengan uji Two-tailed Test (1.96) maupun uji One-tailed Test (1.65). Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar antara kegiatan praktikum ke teori dan teori ke praktikum siswa kelas II semester 1 SMUN Suboh Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2002 / 2003 dan hasil belajar dengan kegiatan praktikum ke teori tidak lebih baik dibandingkan dengan kegiatan teori ke praktikum siswa kelas II semester I SMUN Suboh Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2002 / 2003.