Show simple item record

dc.contributor.advisorMuji
dc.contributor.advisorAndianto, Mujiman Rus
dc.contributor.authorNURLAILI, ANA
dc.date.accessioned2016-06-02T12:50:18Z
dc.date.available2016-06-02T12:50:18Z
dc.date.issued2016-06-02
dc.identifier.nim960210402317
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74478
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang bentuk-bentuk interefrensi dan upaya pemecahannya. Teori yang digunakan adalah kedwibahasaan, tinjauan tentang intereferensi dan kontak bahasa. Penelitian dalam skripsi ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriftif. Metode pengumpulan data dengan pembuatan karangan oleh siswa dan wawancara oleh guru. Sedangkan menganalisisnya dengan menggunakan analisis domain, analisis taksonomis dan analisis tema kultural. Hasil dan pembahasan dalam skripsi ini adalah interferensi fonologi, interferensi morfologi, interferensi sintaksis meliputi frase, dan interferensi leksikal meliputi bentuk dasar dan bentuk berimbuhan dan upaya-upaya penanggulangannya. Berdasarkan gagasan tersebut dapat disarankan: 1) bagi guru bahasa Indonesia, sebaiknya pada bidang fonologis pengucapan siswa, dan pada bidang lain, tidak bosan-bosan untuk mengoreksi dan memperbaiki tulisan siswa dalam setiap tugas dan ulangan agar tidak terjadi interferensi. 2) bagi, penulis buku ajar seyogyanya berhati-hati dalam menuluskan ejaan, merangkai morfem, memberikan contoh kalimat maupun contoh kata. 3) bagi peneliti selanjutnya, dapat mencermati gejala lain yang berkaitan dengan kajian sosiolinguistik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectInterferensien_US
dc.subjectBAHASA INDONESIA TULISen_US
dc.subjectBAHASA JAWA TULISen_US
dc.titleINTERFERENSI BAHASA JAWA TERHADAP BAHASA INDONESIA TULIS SISWA KELAS I SLTP KEDIRI TAHUN AJARAN 2000 / 2001en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record