• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN ENERGI SISWA KELAS I CAWU III SLTP NEGERI 3 JEMBER TAHUN AJARAN 2001/2002

    Thumbnail
    View/Open
    Yeni Kartika Wati 980210102224_.pdf (7.763Mb)
    Date
    2016-06-01
    Author
    Wati, Yeni Kartika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, diantaranya persepsi dan motivasi. Persepsi dapat dikatakan sebagai pra kemampuan yang akan menjadi dasar siswa dalam belajar. Dengan memiliki pra kemampuan yang positif dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Pokok permasalahannya adalah: 1. Adakah hubungan yang signifikan antara persepsi dan morivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika, 2. Sejauh manakah hubungan antara persepsi dan motivasi belajar fisika dengan basil belajar fisika. Tujuan penelitian ini untuk: 1. Mengetahui hubungan yang signifikan antara persepsi dan motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika, 2. Mengetahui sejauh mana hubungan antara persepsi dan motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika. Daerah penelitian ditentukan dengan purposive sampling yaitu SLTPN 3 Jember, Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, kelas yang dijadikan sampel I kelas dari 4 kelas dan untuk menentukan kelas yang dijadikan penelitian dengan teknik undian. Untuk menguji homogenitas responden penelitian digunakan analisis varian (ANOVA) diperoleh harga Fb < Ft pada taraf signifikan 5% yaitu 2,15 < 2,66 sehingga responden homogen. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, angket dan observasi. Analisa data digunakan teknik statistik product moment dan tabel interpretasi r. Hasil analisa data menunjukkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,84 dan nilai rtab pada taraf signifikansi 5% dengan N = 45 adalah 0.294. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rhit lebih besar daripada rtab, rhit juga dikonsultasikan dengan tabel interpretasi, terletak pada interval 0,80<r≤1,00 dengan interpretasi korelasi tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: 1. Ada hubungan yang signifikan antara persepsi dan motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika, 2. Ada hubungan yang tinggi antara persepsi dan motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika,
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74448
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository