ANALISIS PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES PADA MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN KEUANGAN NEGARA KELAS II-1 CAWU 2 DI MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 1999 / 2000
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui penggunaan pendekatan ketrampilan proses. Sedangkan yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan pendekatan ketrampllan proses dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan keuangan negara kelas II-1 cawu 2 di MAN 2 Jember Tahun Ajaran 1999/2000. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Desember 1999 sampai dengan bulan Maret 2000 di MAN 2 Jember pada siswa kelas II-1 cawu 2 tahun ajaran 1999/2000. Responden penelitian ditentukan secara random sederhana dengan cara acak atau undian. Analisis data menggunakan tehnik prosentase. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan pendekatan ketrampilan proses. Hasil tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata tes sebelum penggunaan pendekatan ketrampilan proses sebesar 63,37 %.
Sedangkan nilai rata-rata sesudah penggunaan pendekatan ketrampilan proses adalah sebesar 68,92 %. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 5,24 %. Selain itu, dapat diketahui taraf pencapaian ketuntasan belajar siswa sebelum pendekatan ketampilan proses adalah sebesar 40,54 %. Sedangkan taraf pencapaian belajar siswa sesudah pendekatan ketrampilan proses adalah sebesar 86,48 %. Untuk tingkat efektifitas penggunaan pendekatan ketrampilan proses adalah sebesar 53,12 %, pada angka ini termasuk kriteria efektif.