KAJIAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK PADA TOKOH MELATI DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE A PSYCHOLOGICAL STUDY OF CHILD DEVELOPMENT OF MELATI IN TERE LIYE'S MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH
Abstract
Kondisi Melati yang buta dan tuli tidak menjadikannya lemah. Rasa keingintahuan yang besar membuatnya terus berjuang. Karang sebagai guru Melati berusaha untuk mengajari Melati berkomunikasi. Perkembangan tokoh merupakan faktor pembangun utama dalam novel Moga Bunda Di Sayang Allah karya Tere Liye. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan tokoh Melati menggunakan teori psikologi perkembangan. Metode yang digunakan dalam menganalisis novel Moga Bunda Di Sayang Allah karya Tere Liye adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan pragmatik untuk mengungkap pemaknaan terhadap psikologi perkembangan. Sumber data adalah novel Moga Bunda Di Sayang Allah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara berkomunikasi yang cocok dengan Melati adalah menggunakan metode tadoma, menggunakan telapak tangan sebagai alat komunikasi.
Collections
- SRA-Humanities [343]