Pengaruh diversifikasi produk terhadap laba penjualan pada PT Pos Indonesia (Persero) kantor pos besar Jember 68100
Abstract
Semakin berkembangnya produk yang dipasarkan oleh perusahaan
dengan berbagai merk dari perusahaan sejenis, mengakibatkan
bertambahnya persaingan yang harus dihadapi oleh perusahaan untuk
mendapatkan konsumennya. Hal ini dikarenakan oleh adanya perubahan
struktur pasar yang semula dikuasai oleh pembeli, dalam arti kalau dulu
penjual dalam konsep pemasarannya berorientasi pada penjualan, kini
berubah berorientasi pada kebutuhan konsumen. Jadi jelaslah untuk dapat
mencapai tujuan perusahaan diperlukan sualu konsep yamg berorientasi
pada konsumen, dan apabila perusahaan tidak dapat mengikuti
perkembangan kebutuhan dan keinginan konsumen, maka perusahaan akan
tertinggal dan pada akhimya produk yang dihasilkan perusahaan tersebut akan sulit mendapatkan pasar sasarannya.
Secara teoritis persaingan yang sehat akan memberikan manfaat bagi
konsumen, sehingga dalam hal ini pengusaha dipacu untuk memproduksi
barang dengan kualitas yang baik dan sesuai selera konsumen, sehingga
produk yang dibuat akan mudah diserap oleh pasar. Harus diingat bahwa
salah satu tujuan perusahaan adalah memberikan kepuasan kepada
konsumen, baik konsumen industri atau konsumen akhir. Tujuan ini harus
diimbangi dengan penggunaan sumber-sumber secara efektif oleh
perusahaan yang sebaik-baiknya agar tidak terjadi kegagalan dalam pemasaran