Produktivitas Guru Biologi Dalam Mengkonstruksikan Media Pembelajaran dan Efektivitasnya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri Se-eks Kotatif Jember
Abstract
Kemampuan guru dalam memproduksi media pembelajaran saat ini
umumnya masih rendah disebabkan oleh keterbatasan dana untuk
mengkonstruksinya. Di SMP Negeri Jember sendiri belum diketahui bagaimana
produksi media pembelajaran oleh guru sehingga dilakukan penelitian khususnya
SMP Negeri se-eks kotatif Jember. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
ketersediaan media pembelajaran, untuk mengetahui intensitas penggunaan media
pembelajaran oleh guru biologi, untuk mengetahui tingkat produktiviitas guru
biologi dalam mengkonstruksi media pembelajaran dan untuk mengetahui
efektivitas media pembelajaran hasil konstruksi guru biologi terhadap basil belajar
siswa di SMP Negeri se-eks kotatif Jember. Jenis penelitian adalah deskriptif
dengan metode yang digunakan adalah metode survei dan dokumentasi.
Responden dalam penelitian ini adalah guru biologi SMP Negeri di Jember. Hasil
penelitian menunjukkan produktivitas guru dalam mengkonstruksi media pembelajaran sebesar 32.7% cukup produktif dan 67,3% kurang produktif. Media
pembelajaran yang dikonstruksi guru berupa 80% charta, 2,5% VCD, 5%
insektarium, 10% awetan hewan dan 2,5% herbarium. Besamya efektivitas
media pembelajaran hasil konstruksi sebesar 11% efektif dan 89% cukup efektif.
Dimana basil belajar siswa berdasarkan nilai rata-rata ulangan harian biologi
setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media basil konstruksi guru rata-rata 7,60 ± 0,32.