Show simple item record

dc.contributor.authorROIS DERMAWAN
dc.date.accessioned2013-12-10T05:15:20Z
dc.date.available2013-12-10T05:15:20Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM100210274063
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7434
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPS di SDN Dukuhdempok 06 disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; model pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa serta kurang menggunakan model atau metode pembelajaran yang bervariatif. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS, guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa pendekatan dan model. Pendekatan dan model tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Penelitian ini berdasarkan permasalahan bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas iv dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pokok bahasan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi melalui media gambar di SDN Dukuhdempok 06 Kecamatan Wuluhan Tahun Pelajaran 20011 / 2012? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model Sumbang Saran dengan Teknik Kancing Gemerincing pokok bahasan persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat khususnya siswa kelas IV SDN Dukuhdempok 06 tahun pelajaran 2011/2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 29 anak, terdiri dari 14 laki-laki dan 15 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Dukuhdempok 06 Kecamatan Wuluhan, pada bulan Mei sampai bulan Juni 2012. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi wawancara dan tes. Data yang telah terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang di analisis adalah motivasi belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh hasil motivasi siswa selama mengikuti pembelajaran melalui media gambar mengalami peningkatan dan tergolong kriteria motivasi siswa aktif. Hal tersebut ditunjukkan dengan analisis motivasi siswa secara klasikal pada pembelajaran media gambar, pada siklus I persentase motivasi siswa sebesar 64.62% dengan kategori aktif, dan pada siklus II mencapai 73,30% dengan kategori sangat aktif. Pembelajaran IPS dengan model pembelajaran media gambar dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dan juga secara perorangan di SDN Dukuhdempok 06. Pada siklus I diperoleh persentase secara klasikal sebesar 62 % (tidak tuntas), dan pada siklus II mencapai 72% (tuntas) Saran yang dapat diberikan peneliti untuk siswa adalah hendaknya menjadi semangat belajar karena dengan pembelajaran media gambar bisa menemukan sesuatu hal yang baru baik di kelas maupun di luar kelas, untuk guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai materi-materi yang akan disampaikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik, untuk sekolah hendaknya dapat dijadikan gambaran untuk mengambil kebijakan terhadap teknikteknik pembelajaran yang tepat untuk mencapai hasil belajar yang diharapkan oleh sekolah, untuk peneliti lain perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut tentang pembelajaran media gambar serta mengkombinasikan dengan model mengajar lain agar tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih optimalen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274063;
dc.subjectMotivasi dan Hasil Belajar, Media Gambaren_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI MELALUI MEDIA GAMBAR DI SDN DUKUHDEMPOK 06 KECAMATAN WULUHAN TAHUN PELAJARAN 20011 / 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record