UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PENGGUNAAN METODE CERAMAH YANG DISERTAI DENGAN PEMBERIAN TUGAS YANG BERVARIASI (Studi Kasus Pada Siswa kelas II B SLTP Negeri 5 Jember Pokok Bahasan Kegiatan Negara dalam kehidupan Ekonomi Semester II Tahun Ajaran 2003 / 2004)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan metode ceramah yang disertai dengan pemberian tugas yang bervariasi dalam proses pembelajaran ekonomi pokok bahasan “Kegiatan Negara dalam kehidupan Ekonomi” Semester II Tahun Ajaran 2003/2004. Responden penelitian ini ditentukan secara purposive sampling yaitu kelas II B SLTP Negeri 5 Jember. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang mana tiap-tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari rendah menjadi tinggi. Sebelum diterapkan metode ceramah yang disertai dengan pemberian tugas yang bervariasi, motivasi belajar siswa rendah dengan skor rata-rata 2.23. Setelah diterapkan metode ceramah yang disertai dengan pemberian tugas yang bervariasi, motivasi belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata 4,01 pada siklus I dan pada siklus II skor rata-rata motivasi belajar siswa adalah 4,22.