Show simple item record

dc.contributor.authorRoby Bastian
dc.date.accessioned2013-12-10T05:09:12Z
dc.date.available2013-12-10T05:09:12Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM100210274073
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7430
dc.description.abstractKenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika di SDN Glagahwero 01 hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan tehnik pembelajaran yang monoton dan tidak menarik, sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran Matematika dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Ingin mengetahui bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metodeeksperimen berbantuan media pembelajaran pada siswa kelas V SDN Glagahwero 01 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. (2) Ingin mengetahui bagaimana aktivitas siswa kelas V SDN Glagahwero 01 Kecamatan Kalisat selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen berbantuan media pembelajaran. (3) Ingin mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas V SDN Glagahwero 01 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen berbantuan media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Glagahwero 01 kelas V yang terdiri dari 24 siswa, 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui tehnik non tes dan tehnik tes. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa tehnik non tes (observasi/pengamatan), sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 23 Pebruari 2012 sampai dengan 14 Maret 2012 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Glagahwero 01 Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran sifat-sifat cahaya dengan menggunakan metode eksperimen adalah : pada siklus I prosentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria aktif sebesar 5 % ; siklus II sebesar 50 %. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 10 % siswa dengan kriteria hasil belajar kurang, 35 % dengan kriteria hasil belajar cukup. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 90 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi penerapan pembelajaran Matematika realistik pokok sifat-sifat bangun ruang dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274073;
dc.subjectHasil Belajar, Aktifitas Belajar, Metode Eksperimenen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MELALUI METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SDN GLAGAHWERO 01 KALISAT KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record