Hubungan antara Lokasi Perusahaan dengan Volume Penjualan pada Industri Batu-bata di Wilayah Gunungsari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember, Jawa-Timur Tahun 2000 / 2001
Abstract
Suatu perusahaan atau Industri umumnya didirikan untuk memenuhi dan memuaskan konsumen, Dengan pemuasan kebutuhan tersebut diharapkan dapat memperoleh laba, sehingga perusahaan atau industri akan bisa meraih masa depannya. Berhasil tidaknya perusahaan atau industri dalam mencapai tujuan itu dipengaruhi oleh perencanaan dalam penentuan lokasi perusahaan yang tepat. Disamping itu perusahaan juga perlu memperhatikan tentang persediaan bahan mentah tenaga kerja, modal serta daerah pemasarannya. Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah "Adakah Hubungan dan Seberapa Besar Hubungan Lokasi Perusahaan dengan Volume Penjualan pada lndustri Batu bata Di Wijayali Gunungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun 2000/2001". Penelitian dilakukan sejak 8 Mei 2001 sampai dengan 8 Iuni 2001 yang terletak di wilayah Gunungsari.
Data diperoleh dari 6 pemilik industri yang dijadikan responden dengan menggunakan metode interviu, observasi, dokumenter dan angket. Setelah data terkumpul diadakan penganalisaan data dengan menggunakan metode statistik korelasi tata jenjang. Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,928 dengan memperhatikan N sebesar 6 dengan tingkat signifikan 5 % harga koefisien tersebut lebih besar dari pada harga kritiknya yaitu 0,81. Pesatnya hubungan antara C dan Y sebesar 86,224 %. Jadi ada hubungan antara lokasi perusahaan dengan volume penjualan.