ANALISIS FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN TELEVISI WARNA DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Tujuan penulisan skripsi ini untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian televisi berwarna. Informasi yang diperoleh dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi produsen dan pemilik toko televisi berwarna dalam menyusun strategi pemasarannya.
Purposive sampling digunakan untuk menentukan kecamatan terpilih sebagai sampel di Kabupaten Jember, dan pemilihan responden menggunakan systematic random sampling. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 150 orang. Data dianalisa menggunakan metoda analisis faktor. Dari 33 variabel yang diteliti, secara teoritis dikelompokkan menjadi 8, yaitu faktor internal konsumen, eksternal konsumen, karakteristik produk, harga, distribusi, layanan, internal toke, dan faktor promosi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam keputusan pembelian televisi berwarna, faktor yang paling dipertimbangkan oleh konsumen adalah karakteristik produk (19.8%), selanjutnya secara berturut-turut diikuti oleh faktor promosi (7,9%), layanan (7.1%), harga (6.6%), eksternal konsumen (6.1%), distribusi (5.8%), internal toko (5.6 %), dan faktor internal konsumen (2.6%).
Hasil temuan penelitian ini dapat dipakai sebagai landasan dalam pengembangan strategi pemasaran bagi produsen dan pemilik toko televisi berwarna dalam usaha meningkatkan daya saingnya.
Collections
- MT-Management [539]