PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Social
Responsibiliy (CSR) terhadap profitabilitas perusahaan perbankan yang terdaftar
di bursa efek indonesia. penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh
dari seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada
tahun 2011-2014. Metode sampling yang digunakan adalah metode purposive
sampling dengan tujuan untuk mendapatkan sampel yang representative sesuai
dengan kriteria yang ditentukan. Variabel yang digunakan sebanyak 2 macam
variabel. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Data. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: ada pengaruh pengungkapan aktivitas CSR terhadap
profitabilitas perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hal
ini membuktikan bahwa adanya strategi pengungkapan aktivitas CSR yang
dilakukan oleh perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI dengan berbagai
macam aktivitas sosialnya. Pengungkapan aktivitas CSR akan meningkatkan
kepercayaan investor, dan pelanggan dari perbankkan yang akan memberikan
pengaruh dalam peningkatan profitabilitas perusahaan perbankkan yang terdaftar
di BEI.