PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY(CSR)TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Sebuah perusahaan yang baik harus mampu mengontrol potensi finansial maupun potensi non finansial di dalam meningkatkan nilai perusahaan untuk eksistensi perusahaan dalam jangka panjang. Semakin tinggi nilai perusahaan menggambarkan semakin besar kemakmuran yang akan diterima oleh stakeholder.
Penelitianinimerupakanpenelitianasosiatifyang bertujuanuntukmengetahuihubunganduavariabelataulebihantaravariabelindependen (pengungkapan corporate social responsibility (CSR)) danvariabeldependen (nilai perusahaan) pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data-data yang digunakandalampenelitianinimerupakan data sekunder..Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014 berjumlah 61 perusahaan. Besar sampel ditentukan dengan rumus slovin sebesar 53 perusahaan dengan menggunakan teknik random sampling.Data dianalisisdenganmenggunakanregresisederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung = 2.511>nilai ttabel = 2.007 sedangkan signifikansi = 0.015 < = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima berarti pengungkapan CSR berpengaruh secara signifikan (nyata) terhadap nilai prusahaan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hal ini berarti jika tidak ada pengungkapan CSR maka akan turut serta menurunkan nilai perusahaan