PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTANT (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember Tahun 2002)
Abstract
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui adakah dan seberapa besar pengaruh faktor psikologis terhadap perilaku konsumen dalam mengambil  keputusan pembelian mie instant (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Univcrsiras Jember). Responden penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember sebanyak 66 orang dengan menggunakan metode  Proporsional Random Sampling dengan tehnik undian. Tempat penelitian di kampus  Gedung II FKIP Universitas Jember. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2002. Untuk mcmperoleh data yang dibutuhkan digunakan 4 metode yaitu metode angka,  metode wawancara, metode observasi dan metode dokumenter. Setelah data-data    terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis statistik yaitu analisis    regresi sederhana, Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor psikologis    terhadap perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian mie instan secara simultan digunakau uji F. Hasil perhitungan itu diperoleh F hitung sebesar  159.441, setelah dibandingkan dengan  F tabel 5% sebesar 3.392  maka F hitung >  F tabel. Hal ini menunjukkan hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho)   ditolak, sehingga ada pengaruh faktor psikologis terhadap perilaku konsumen dalam  mengambil keputusan pembelian mie instan (Studi Kasus pada Mahasiswa    Pendidikan Ekonomi  FKlP Universiia Jember).