dc.description.abstract | Keberhasilan hidup mahasiswa tidak hanya di pengaruhi oleh kecerdasan
intelektual (IQ) semata, tetapi juga di pengaruhi oleh kecerdasan emosional (EQ).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional
terhadap tingkat pemahaman akuntansi (studi kasus pada mahasiswa akuntansi
universitas jember). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan
menggunakan data primer dengan metode survey, yaitu dengan menyebarkan
kuisioner secara langsung pada obyek penelitian. Penentuan sampel dalam
penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling, yaitu dengan metode
purposive sampling. Teknik Pengolahan data yang di lakukan menggunakan
regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil dari penelitian yang di
lakukan menunjukkan bahwa kecerdasan emosional pengenalan diri berpengaruh
positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi, kecerdasan emosional
pengendalian diri berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi,
kecerdasan emosional motivasi berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman
akuntansi, kecerdasan emosional empati berpengaruh positif terhadap tingkat
pemahaman akuntansi, kecerdasan emosional keterampilan sosial berpengaruh
positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi. | en_US |